Internet adalah inti dari komunikasi. Sistem Internet berisi ribuan jaringan computer yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tidak terhingga yang dapat diakses murid.
Bagian yang paling menarik dalam internet adalah World Wide Web (Web), yaitu sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet; materi ini mencakup teks dan grafis. Web memberi struktur ang dibutuhkan internet. Perpustakaan, museum, universitas, perusahaan, organisasi, dan individu menampilkan informasi di Web, semuanya dapat diakses oleh murid dengan meng-klik kata atau gambar yang ada di layar komputer.
Bagian yang paling menarik dalam internet adalah World Wide Web (Web), yaitu sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet; materi ini mencakup teks dan grafis. Web memberi struktur ang dibutuhkan internet. Perpustakaan, museum, universitas, perusahaan, organisasi, dan individu menampilkan informasi di Web, semuanya dapat diakses oleh murid dengan meng-klik kata atau gambar yang ada di layar komputer.
Sebuah studi nasional menemukan bahwa murid yang punya computer internet dirumahnya memperoleh nilai sains yang lebih tinggi dibandingkan dengan murid yang tidak menggunakan internet dirumahnya.
Dalam hal ini kita dapat melihat peran internet sebagai pendukung dalam pembelajaran, anak-anak juga lebih tertarik untuk belajar melalui media computer internet.
Internet dapat digunakan secara efektif oleh murid untuk membantu mengintegrasikan pengetahuan, internet punya database informasi besar tentang berbagai topic yang diorganisasikan dalam banyak hal dengan cara yang berbeda.
Internet memudahkan dan mendorong belajar bersama, tugas kelompok yang diberikan guru kepada murid dapat dengan mudah diselesaikan dengan menganalisis dan meringkas data dari survei yang didapat dari internet.
Internet memiliki bagian penting selain web, yaitu email. Banyak tugas yang dikerjakan dengan e-mail dan gurupun menyarankan murid untuk mengumpulkan tugas-tugasnya melalui internet. Guru juga banyak memuat materi-materi pembelajaran di dalam media internet agar murid lebih tertarik dan mau mempelajari materi dari internet.
Dengan demikian, dapat dilihat seberapa besar peran internet dalam mendukung pembelajaran. Murid-murid dapat lebih mudah mengakses pengeteahuan ataupun mendapatkan materi-materi pembelajaran yang telah dimuat guru sebelum kegiatan belajar-mengajar dilakukan.
Bahkan, kegiatan belajar-mengajar pun dapat dilakukan melalui media internet tanpa hadir untuk tatap-muka dan melakukan diskusi terhadap suatu pembahasan.
Dengan perkembangan IPTEK adanya internet, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam proses pembelajaran dan pengajaran.
Daftar Pustaka
Santtrock, John W. 2008, Psikologi Pendidikan Edisi Kedua, Penerbit: Kencana Prenada Media Group: Jakarta
NB: penjelasan dan pengembangan yang lebih tentang prinsip konstruktivisme dapat dilihat di
Tidak ada komentar:
Posting Komentar