welcome.. welcome..


WELCOME

Senin, 11 April 2011

Apakah terdapat jenis – jenis gangguan bicara dan bahasa pada anak? Apa sajakah itu?


Gangguan dan masalah bicara dan bahasa pada anak bermacam - macam, tergantung kesulitan dan gangguan yang diderita anak tersebut, gangguan - gangguannya antara lain: 

·   Gangguan Artikulasi, yaitu masalah dalam pengucapan suara secara benar. Anak penderita gangguan artikulasi mungkin sulit berkomunikasi dengan teman atau guru dan merasa malu. Akibatnya, anak penderita artikulasi ini enggan bertanya, tidak mau berdiskusi, atau berkomunikasi dengan temannya. 
·   Gangguan suara, yaitu masalah pada anak yang berbicara dengan tidak jelas, keras atau terlalu kencang yang tampak dalam ucapan suaranya. Begitu pula anak – anak yang berbibir sumbing, sulit dimengerti apa yang dikatakannya.
·    Gangguan kefasihan, yaitu masalah pada anak yang berbicara lamban atau biasa disebut gagap. Kondisi ini terjadi ketika ucapan anak terbata – bata, jeda panjang, atau berulang – ulang. Terkadang, anak – anak penderita gangguan ini merasa kecemasan karena gangguan yang dideritanya ini (gagap) sehingga membuat kondisi mereka semakin parah.
Bahasa reseptif adalah penerimaan dan pemahaman atas bahasa. Anak penderita gangguan bahasa reseptif akan kesulitan untuk menerima informasi, informasi masuk tetapi otak akan sulit untuk memerosesnya secara efektif yang menyebabkan anak kelihatan cuek atau bengong saja.
Bahasa ekspresif adalah kemampuan anak dalam menggunakan bahasa untuk mengekspresikan pikiran dan berkomunikasi dengan orang lain. Anak – anak penderita gangguan bahasa ekspresif akan kesulitan untuk memberikan tanggapan atau mengekspresikan pendapatnya.                                   

Anak penderita gangguan bahasa dan suara akan kesulitan dalam berkomunikasi dengan orangtua, guru dan temannya. Maka, dibutuhkan pengajaran khusus dalam masa pendidikan mereka dan penanganan khusus juga untuk dapat merawatnya selama menderita gangguan berbicara tersebut. Dan gangguan yang diderita anak pun dapat diperbaiki dengan terapi bicara dan suara agar dapat membantu anak untuk berkomunikasi sehingga memudahkannya untuk berinteraksi. 

Daftar Pustaka
Sukadji, S. (2000).Psikologi pendidikan dan psikologi sekolah. Depok:Lembaga Pengambangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar